Profil Prodi Informatika
Fakultas Teknik (FT) Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan didirikan pada tanggal 26 Maret 1986, sesuai Surat Permohonan Rektor UNIRA Nomor : 481.A/H/08/III/UNIRA/86 kepada Ketua Yayasan UNIRA. Selanjutnya Ketua Yayasan UNIRA dengan Surat Keputusan Yayasan UNIRA Nomor : 089/YUM/1986 tanggal 27 April 1986 tentang Pembukaan Fakultas Teknik dengan Program studi Teknik Sipil dan menetapkan bahwa terhitung sejak Tahun Akademik 1986/1987 Fakultas Teknik yang mengelola Program Studi Teknik Sipil, Jenjang Strata 1 (S-1) secara resmi dibuka. Seiring tuntutan perkembangam zaman dan teknologi maka pada tahun 2007 dibukalah Teknik Informatika mlalui Surat Keputusan Yayasan UNIRA Nomor : 03/YUM/III/I/2004 tanggal 3 Maret 2004 dan pada tanggal 2 Agustus 2007 Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 2098/D/T/2007 prodi ini memperoleh ijin operasional dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI tentang Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru Pada Universitas Madura. Pada tanggal 6 maret 2018 mendapatkan Akreditasi C dengan SK Nomor : 702/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018. Ciri khas program studi Teknik Informatika merupakan program studi berjiwa technopreneurship dan berorientasi pada nilai-nilai kearifan lokal.
Visi program studi Teknik Informatika Universitas Madura (UNIRA) adalah : Menjadi Program Studi unggulan yang berjiwa technopreneurship berorientasi pada nilai-nilai kearifan lokal dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi melalui tri dharma perguruan tinggi di wilayah Madura
Misi :
1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mengembangkan potensi mahasiswa berbasis KKNI secara terpadu antara akademik dan non-akademik.
2. Melaksanakan penelitian yang menghasilkan karya ilmiah.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya problem solving
4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sebagai mitra dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
Kompetensi Prodi :
A.kompetensi utama lulusan
1. Mampu menjelaskan mekanisme kerja komputer
2. Mampu membuat model solusi sistem berbasis komputer
3. Mampu melakukan rancang bangun perangkat lunak dengan dukungan sistem cerdas menggunakan metode, teknik, dan platform Internet maupun mobile berikut pendokumentasiannya
4. Memiliki kemampuan yang kuat dalam bidang jaringan komputer
5. Mempunyai etika profesi dan sikap professional yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air
6. Mampu melakukan penelitian / karya ilmiah
B. kompetensi pendukung lulusan
1.Memiliki kemampuan dalam pengembangan konten digital dengan menggunakan berbagai media
2.Memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan (implementation) dan mengevaluasi (evaluation) suatu sistem Teknologi Informasi
C. kompetensi lainnya
Memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang penciptaan dunia usaha yang berkaitan dengan Teknologi Informasi
Capaian Pembelajaran
A. SIKAP:
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
B. PENGUASAAN PENGETAHUAN
1. Memahami konsep basis data
2. Memahami konsep perancangan basis data
3. Memahami konsep DBMS
4. Memahami konsep SQL (Structured Query Languange)
5. Mampu memahami bagaimana pentingnya perancangan antarmuka yang baik untuk memudahkan user berinteraksi dengan komputer
6. Mampu memahami sistem pemrosesan manusia sebagai media untuk menyaring pengetahuan yang dibutuhkan untuk perancangan antarmuka
7. Mampu memahami hal-hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu hal-hal yang menjadi dasar desain interaktif yang perlu terus digali untuk pemenuhan setiap interasi purwarupa antarmuka 8. Memahami pengetahuan Dasar Algoritma Pemograman
9. Memahami Tipe data dan Variable
10. Memahami Pemrosesan nilai dan ekpresi
11. Memahami konsep dan kegunaan Array 1 dimensi
12. Memahami konsep dan kegunaan Array 2 dimensi
13. Memahami konsep dan kegunaan record
14. Mampu mengetahui dan memahami konsep dasar data mining
15. Mampu megetahui dan memahami proses KDD
16. Mampu mengetahui dan memahami arsitektur dan model data mining
17. Memahami kosep struktur data
18. Memahami konsep vektor
19. Memahami konsep matriks
20. Memahami tentang Sistem Persamaan Linier (SPL)
21. Memahami konsep tentang transformasi linier
22. Memahami tentang nilai eigen dan vektor eigen
23. Memahami perhitungan suatu fungsi dengan Diferensial Numerik
24. Memahami tentang Integrasi Numerik
25. Memahami tentang metodologi penelitian
26. Memahami tentang paradigma metodologi penelitian dan perkembangan penelitian teknik informatika
27. Memahami ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah serta keterkaitan antara keduanya 28. Mengenal penelitian dan ragam penelitian serta implementasinya
29. Memahami tentang rancangan penelitian
30. Mengidentifikasi permasalahan dan menyusun hipotesa penelitian
31. Mengetahui dan memahami kajian kepustakaan
32. Memahami jenis dan bentuk variabel penelitian
33. Memahami metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data
34. Memahami proposal penelitian dan teknik penulisan
35. Memahami konsep dasar Model Simulasi
36. Mengetahui dan menganalisa bentuk-bentuk sistem secara luas beserta komponen-komponennya
37. Memahami pemodelan dan simulasi dasar
38. Memahami simulasi sistem antrian
39. Memahami pembangkit bilangan random, teknik dan penerapannya
40. Memahami probabilitas dan statistik dalam simulasi
41. Memahami pemodelan sistem kompleks
42. Memahami analisis-analisis statistik untuk beberapa sistem tunggal
43. Memahami konsep dasar Riset Operasional
44. Memahami dasar-dasar programa linier
45 Mengenal penyelesaian programa linier yang standar dan tidak standar
46. Memahami sifat sensitivitas programa linier
47. Memahami tentang programa dinamis
48. Memahami dasar-dasar optimasi transportasi
49. Memahami masalah optimasi tentang penugasan
50. Memahami masalah optimasi tentang model jaringan
51. Memahami pemrograman integer
52. Memahami konsep antrian
53. Mampu menjelaskan sejarah jaringan komputer, pengaruh perkembangan jaringan komputer dalam kehidupan manusia, komponen utama dalam jaringan dan klasifikasi jaringan komputer 54. mampu memahami dan mengetahui model referensi OSI & TCP/IP
55. Mampu memahami dan mengerti fungsi perangkat dan tipe pengkabelan dalam jaringan komputer
56. Mampu membedakan antara alamat IP Private dan Publik
57. mampu memahami dan menguasai konsep, pengertian, dan pengembangan kewirausahaan. 58. memahami unsur-unsur kewirausahaan : aspek wirausaha secara mandiri dan kelompok. 59. memahami konsep identifikasi kinerja usaha, karakter usaha dalam praktek pengembangan usaha di lapangan.
60. memahami konsep dan jenis-jenis multimedia.
61. memahami infrastruktur dan standarisasi jaringan multimedia.
62. memahami pengetahuan mengenai teknik distribusi data multimedia menggunakan berbagai macam metode.
63. memahami pengetahuan mengenai konsep dan implementasi Realita Tertambah.
64. memahami jenis kebudayaan baru yang muncul akibat perkembangan teknologi dan media digital.
65. Memahami pengetahuan dasar komputer
66. Memahami teknologi internet
67. Memahami penggunaan perangkat lunak
68. Memahami komponen sitem komputer
69. Memahami input dan output
70. Memahami penggunaan media penyimpanan
71. Memahami operating sitem dan utility program
72. Memahami komunikasi dan jaringan
73. Memahami penggunaan database management Memahami keamanan sistem komputer
C. KETERAMPILAN KHUSUS
1. Mampu merancang pembuatan basis data
2. Mampu mengoperasikan aplikasi dalam merancang pembuatan basis data
3. Mampu mengoperasikan aplikasi DBMS
4. Mampu mengoperasikan Bahasa Pemograman Data Deskripsi (SQL - Structured Query Languange)
5. Mampu mengadministrasikan database server
6. Mampu memahami serta menerapkan model-model yang digunakan untuk pengembangan antarmuka berdasarkan interaksi yang dibutuhkan antar pengguna dan komputer.
7. Mampu memahami serta seta menerapkan analisis tugas sebagai sebuah bagian dari perancangan dan pengembangan antarmuka interaktif menggunakan tehnik-tehnik analisis tugas 8. Mampu menggunakan Instruksi Sequential, Pemilihan, dan Perulangan
9. Mampu Menyajikan Prosedur dan Fungsi
10. Mampu merangkai simbol Flowchart
11. Mampu melakukan tracing algoritma operasi array 1 dimensi
12. Mampu melakukan tracing algoritma operasi array 2 dimensi
13.Mampu mengetahui dan melakukan teknik dari data mining
14. Mampu membuat dan menggunakan array dan record
15. Mampu membuat dan menggunakan pointer
16. Mampu membuat dan menggunakan stack
17. Mampu membuat dan menggunakan Queue
18.Mampu membuat dan menggunakan Link list
19.Mampu membuat dan menggunakan graph
20.Mampu melakukan operasi matriks
21.Mampu menghitung galat suatu hampiran numerik
22. Mampu menentukan metode numerik yang sesuai untuk menghitung hampiran penyelesaian akar persamaan tak linier
23. Mampu menggunakan interpolasi yang sesuai untuk menghitung hampiran nilai suatu fungsi 24. Mampu menggunakan metode numerik yang sesuai untuk menentukan hampiran penyelesaian suatu Sistem Persamaan Linier (SPL)
25. Mampu menghitung nilai awal atau hampiran penyelesaian persamaan diferensial (PD) biasa 26. Menganalisa dan memodelkan masalah serta mengenal bentuk umum persoalan optimasi 27. Mampu melakukan konversi bilangan biner, desimal dan hexadesimal
28.Mampu mengerti dan menguasai subnetting dalam perancangan maupun implentasi jaringan komputer
29.Mengerti dan memahami konsep- konsep: broadcast address, network address, subnet mask, dan alamat host yang dapat dipakai
30.Mampu melakukan konfigurasi routing
31. Mampu melakukan konfigurasi routing dinamis pada jaringan yang sederhana
32.Mampu melakukan konfigurasi VLAN pada jaringan yang sederhana
33. Mampu membuat skema pengkabelan, Physical and logical network diagrams
34. mampu membangun impian diri sebagai wirausahawan, kepribadian sukses, dan karakter wirausaha dan wirausahawan
35. mampu membentuk motivasi, gagasan dalam berwirausaha dengan merumuskan peluang usaha bagi diri sendiri dan kelompok secara mandiri.
36. mampu membuat administrasi pencatatan laporan keuangan hasil usaha dan melakukan analisis evaluasi kinerja keuangan usaha
37.mampu melakukan pengembangan usaha.
38. mampu melakukan proses produksi konten multimedia. mampu melakukan kompresi data multimedia beserta formatnya
D. KETERAMPILAN UMUM
1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi